Kamis, 02 Juli 2020

POTENSI SELANGIT, KENDALA SELAUT

POTENSI SELANGIT. KENDALA SELAUT.

Buah Andaliman. Yang sangat dikenal oleh masyarakat suku Batak. Merupakan bahan tambahan, yang di gunakan untuk mengolah masakan khas Batak. Seperti contohnya Masakan Arsik atau Naniura.

Bumbu ini menjadikan rasa bergetar di lidah. Karena ada rasa pedas, getir kebas yang berpadu.
Dan sekitar 336 masakan telah di bukukan, menggunakan bumbu rempah Andaliman.

Buah Andaliman juga di ketahui mengandung vitamin C dan E. Serta mengandung senyawa minyak ATSIRI dan ALKALOID. Yang berfungsi sebagai Anti Oksidan dan Anti Mikroba. Yang sangat bermanfaat bagi daya tahan tubuh.

Andaliman, yang dalam bahasa Inggris di sebut SZECHUAN PEPPER dan dalam bahasa Latin dikenal dengan sebutan ZANTHOXILUM ACANTHOPODIUM. 

Andaliman juga adalah merupakan Geo Produck, hasil letusan atau Erupsi Gunung Berapi sekitar 74.000 tahun lalu. Tumbuh di ketinggian 1000 M s/d 1800 M Dpl. Merupakan jenis tanaman Perdu, dengan batang, ranting dan daun penuh duri. 

Pada masa sekarang. Seiring dengan perkembangan Ekonomi dan Teknologi.
Seorang putra daerah yang dikenal dengan nama.
Bp MARANDUS SIRAIT.

Mengembangakan budidaya Andaliman. Di areal bernama TAMAN EDEN 100. Lokasi ini terletak di Dusun Lumban Rang.Desa Sionggang; Kec. Lumban Julu; Kab. Toba Samosir. Provinsi Sumatera Utara.

CV ANDALIMAN MANGKITIR, adalah merupakan wadah usaha yang di dirikan beliau. Untuk mengembangkan Budidaya dan Pemasaran Andaliman pada saat ini.

Dan usaha beliau ini, telah mendapatkan Piagam Penghargaan dari BPOM yang di serahkan oleh Dr. Penny K. Lukito MCP, di Jakarta pada tanggal 18 Februari 2020. Untuk kategori. "Penilaian Inovatif dan berdaya saing Produktif. Serta berkomitmen terhadap ketahanan pangan. 


Beliau juga telah beberapa kali mengikuti pameran dan kegiatan kegiatan tentang produk makanan Tradisional. Yang di selenggarakan di dalam dan luar negri.

Pada saat ini CV ANDALIMAN MANGKITIR. Telah berhasil mengembangkan sekitar 15 jenis produk makanan berbahan dasar Andaliman, yang siap untuk di pasarkan.
Seperti : Kripik, Bandrek, Permen, Andaliman Bubuk, Andaliman Kering, Andaliman Original, Bumbu Arsik ( Kemasan ), Sambal Andaliman, Roti Bawang Andaliman, Roti Ketawa Andaliman, Bakso Andaliman, Bubuk Teh Andaliman, dll.

#ketabonewsdotcom

1 komentar: